Minggu, 12 Mei 2013

Resep Olahan Jengkol

Jengkol adalah makanan yang lezat bagi yang suka dan makanan yang tidak enak bagi yang tidak suka. Biasanya jengkol ini di bikin rendang di warung-warung masakan padang, memang rasanya jaggo banget klo di bikin rendang.

Tapiii dibikin sambel juga gak kalah loo rasanya...

Setiap musim jengkol, di rumah selalu ada menu jengkol setiap hari karena memang semua pada suka jengkol. Paling sering memasak jengkol itu di bikin sambal bersama teri emm nyamiiii *ngiler beneran nih
Sebelum dibuat sambel, jengkol biasanya sama bapakku di pendem (timbun di tanah hingga beberapa hari) dulu. Biar apa? kata bapakku sih biar aromanya tambah nikmat, rasanya kenyal-kenyal gimana gitu dan warnanya itu agak kehijau-hijauan, namanya jengkol bleweh. Kalau bapaku sukanya dibuat lalap klo makan :D

Bikin sambal jengkol yukkk

Ini Resep nya:
jengkol yang sudah jadi bleweh
teri
cabe merah
cabe rawit
bawang merah putih
minyak dan garam

Cara Membuat :
iris jengkol sesuai selera dan goreng, teri juga di goreng.
semua bumbu di haluskan dan tumis hingga harum, masukan jengkol dan teri yang sudah di goreng. sajikan

Biasanya langsung habis tuh setelah di masak, karena memang gila jengkol semua. Ini baru sambel nya, belum keripiknya. Budeku yang rumahnya jauh disana sering mengirim keripik jengkol jika musim jengkol karena budeku punya pohon  sendiri, jadi tinggal petik deh.

Keripik Jengkol buatan budeku
jengkol di rebus terlebih dahulu, setelah itu di geprek/di pukul-pukul hingga melebar atau tipis lalu di jemur hingga kering, setelah itu di goreng deh.

Resep :
keripik jengkol
cabe merah
bawang merah putih
minyak dan gula, garam

Cara Membuat :
goreng keripiknya, haluskan semua bumbu dan tumis hingga harum, lalu masukan keripik yang sudah di goreng, sajikan

ref gambar : dari mbah google semua karena lagi gak musim jengkol jadi lagi gak masak si jengkol deh

3 komentar:

  1. hueh, gak ketok bentuk jengkole, aku dikirimi to...
    oke, makasi partisissapinya :P

    BalasHapus
  2. Makasih infonya juragan semoga sukses dan terus berkaria.
    salam kenal dari pusat penjualan Obat Herbal Jelly Gamat Gold-G.

    BalasHapus