Halaman

Selasa, 26 Februari 2013

Meditasi Bukan Sekadar Melatih Pikiran


Seperti yang kita ketahui, meditasi dapat di artikan dalam banyak definisi. Secara fisik misalnya, meditasi terlihat seperti aktivitas duduk bersila, memejamkan mata, lalu mengatur pernafasan dan pikiran agar batin lebih tenang. Tapi bagi sebagian masyarakat, meditasi menjadi bagian dari ritual kultural yang dikaitkan dengan agama tertentu.

Padahal aktivitas duduk bersila dengan mata terpejam dan pengaturan nafas dalam sebuah meditasi, bukanlah sebuah ritual agama tertentu. Sikap badan seperti itu bisa dilakukan siapa saja, dan bisa memberikan dampak positif yang hebat dalam hidup kita.

Aktivitas tersebut bisa melatih pikiran ke arah lebih positif, alih-alih bisa menghilangkan stres yang sedang mendera. Seperti Adjie Silarus misalnya, masa lalunya yang pernah membuat Adjie mengalami stres berat hingga kesehatan fisiknya melemah, ternyata tidak mampu membuat Adjie kalah. Adjie bangkit dan terus menguat. Dia mencapai titik puncak ketika menggunakan meditasi sebagai TERAPI dan menjadikannya sebuah gaya hidup sehat. Kini, Adjie Silarus semakin prima sebagai meditator yang mencapai kondisi delta. 

Pola yang digunakan dalam meditasi membantu setiap orang untuk mengendalikan cara berpikir hingga bagaimana cara mengenali siapa diri kita sesungguhnya.dan Adjie Silarus pun berhasil melakukannya.

Kita dapat belajar untuk menyadari kehadiran kemarahan yang datang sebagai tamu tak diundang dengan menyambutnya melalui jamuan positif (Adjie Silarus)

Ketika jiwa Anda terasa hampa, gelap seolah tidak ada cahaya, maka segeralah kembali merenungkan apa tujuan kita hidup. Proses merenung dimana pikiran hanya terfokus pada pada satu hal yaitu DIRI ANDA. Kenali apa kelebihan dan kekurangan diri, pencapaian dan kegagalan yang sudah dilalui, koreksi positif dan negatif yang dimiliki, dan capailah satu kesimpulan, “Buang yang buruk, ambil yang baik". Karena pikiran kita adalah masa depan kita, mulailah selalu berfikir positif untuk masa depan kita.

Masa lalu bukanlah patokan masa depan Anda. Masa lalu bukan pula target masa kini Anda. Masa lalu, masa kini, dan masa depan menjadi tiga hal yang berbeda. Meditasi membuat Anda fokus pada masa kini. Menjalankan hidup sebaik-baiknya di masa kini, terlepas dari seburuk apa Anda di masa lalu. Jika Anda di masa kini sudah fokus dan mengusahakan yang terbaik, bukan tidak mungkin masa depan Anda akan berkilau selayaknya berlian.

Meditasi membantu Anda untuk menjalankan hidup sepositif mungkin. Sekali lagi, tidak peduli bahwa ada begitu banyak perubahan mengejutkan dalam hidup Anda, Anda tetaplah berada dalam posisi tenang.

Metode meditasi akan membantu Anda mengendalikan arus pikiran, sehingga masalah berat tidak bertambah berat, dan masalah kecil tidak menjadi berat. Sikap Anda pun akan menjadi lebih stabil dan positif.

Adjie Silarus merupakan seorang Meditator yang sudah merasakan hasil dari meditasi yang dilakukan selama bertahun-tahun ini. Adjie, yang pernah memiliki penyakit yang berawal dari stres ini, berusaha menyembuhkan penyakit dengan pola pikirnya, bukan dengan obat-obatan. Dia menggunakan meditasi sebagai sarana penyembuhan fisiknya. Gaya hidup positif yang berawal dari meditasi, dilakukannya secara konsisten, sehingga bukan saja pola pikirnya yang terlatih namun kesehatannya pun pulih jauh lebih baik!

Meditasi yang sering dikaitkan dengan praktik semedi pada kalangan agama tertentu ini, sebenarnya sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak dulu, sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas kekuatan Mahabesar yang menggerakkan kehidupan. Meditasi menjadi sarana perenungan dan penyatuan diri terhadap alam sekitar. Inilah sebabnya, meditasi sebenarnya bisa dilakukan oleh lintas agama, dengan niatan melatih pikiran untuk lebih bisa menerima keadaan diri.

Bahkan pada masa kini, meditasi modern lebih menekankan pada fungsi melatih pikiran, meskipun ternyata manfaat meditasi bukan sekadar itu saja. Banyak efek positif lainnya yang bisa didapatkan. Diantaranya adalah tumbuhnya kesadaran terhadap diri sendiri, lebih mengenal dan memahami alam sekitar, menumbuhkan kepercayaan diri dan kesabaran untuk rendah hati.

Selain itu, meditasi bisa membuat seseorang dekat dengan Sang Maha Pencipta, mensyukuri apa yang telah digariskan oleh-Nya. Sehingga dengan penerimaan yang positif terhadap Sang Pencipta dan diri sendiri tersebut, lahirlah kesehatan pada tubuh. Fungsi organ tubuh menjadi membaik, dan pada beberapa kasus bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti yang sudah dirasakan oleh Adjie Silarus.

Jika dengan teratur bermeditasi, seseorang bisa meraih kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya, lalu apa yang perlu ditunggu? Adjie Silarus akan membantu Anda untuk memulai hari-hari yang lebih cerah dan bahagia dengan meditasi. Sejumlah pelatihan bisa didapatkan untuk mendapat kualitas meditasi yang benar-benar bermanfaat. Bukan hanya sekadar melatih pikiran, namun juga mencerahkan hidup dan meningkatkan kesehatan diri Anda. Jalan sukses akan terbentang lebih lebar manakala kita bahagia dan sehat jasmani rohani!

Pikiran yang jernih dan penerimaan positif akan membuka segala jalan mencapai pertolongan-Nya. (Adjie Silarus)

2 komentar:

  1. Jempolll, alhamdulillah,sukses selalu, trims dah bagi2 ilmu nge blog, ditunggu kiriman selanjutnya ya! saya jadi bisa nge blog sekarang, semga diganti deganti dengan imu yang lebih berkah, aammiin!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukses juga buat mb ais ya
      aamiin..terimakasih sudah mau membaca postingan2ku hehe

      Hapus