Jumat, 04 Januari 2013

Proses Menyapih

    Azzam Sholih
Bayi yang baru lahir sebaiknya langsung diberi susu kolostrum tetesan pertama, agar si bayi tetap sehat. tapi juga diberi ASI ekslusif lo ya. karena memang bener banget kata buku yang aku baca, anak yang minum susu kolostrum dan ASI ekslusif itu gak mudah sakit, sehaaattt terus. seperti azzam sehat terus, pernah sih sakit tapi cuma panas itu pun sebentar juga sehat lagi tanpa ke dokter.

Berbeda dengan anak tetangga yang usianya beda 2 bulan tua an azzam. namanya irul, dia memang gak ASI ekslusif, karena ibunya bekerja. jadi dia di asuh sama mbahnya. makanya itu dia sakit-sakitan terus, hapir tiap hari dia sakit. ada saja sakitnya, yang pilek, batuk, diare, dan ada saja. padahal ya, ibunya sangat menjaga banget anaknya dari mulai makanan, gak boleh makan coklat, permen, jajanan yang di warung-warung itu lah. main juga gak boleh, takut kotor, jadi di gendongin terus heehe sebenernya itu bukan kasih sayang seorang ibu pada anaknya tetapi penyiksaan pada anak menurutku, si anak kan rasa keingintauan nya tinggi banget, klo semua di larang ya gimana jadinya, masa kecil kurang bahagia donk.

Usia azzam sudah 2 tahun 2 bulan, saatnya berhenti ASI. sebenernya mau di lepas usia 2 tahun tapi gak berhasil, jadinya di coba pelan-pelan deh sampe molor 2 bulan, itu pun belum sempurna berhenti :D

Lucu deh proses menyapih azzam tuh.
Awalnya di bilang nen nya habis, trus di ajak main seharian sama abinya, pasti lupa nen tapi setelah pulang juga masih nen. cara ini tidak berhasil
Cara yang kedua, nen nya di kasih coklat
azzam padahal suka sekali sama coklat tapi entah kenapa klo nen diaksih coklat dia gak mau nen, mungkin risih kali ya dan ngeri liat nya xixi
Cara ini berhasil walau klo malam dia masih nen karena gak liat nen nya, jadi langsung nen aja. cara ini berjalan sepekan, azzamnya panas hehe akhirnya gak tega kan, dari pada ke dokter ya sudah lah ku kasih nen aja dan alhamdulillah sehat lagi, tapi kok nen nya keterusan lagi :S

Cara ketiga, nen dikasih rambut xixi cara konyol
tapi cara ini lumayan mujarab loo, masih berlangsung juga. klo mau nen dia liat ada rambutnya, jijik mungkin wekeke semoga cara ini berhasil sampe tuntas lah, sudah capek cari cara menyapih azzam :D

Aku gak pengen menyapih dengan paksaan, kasian bener deh. memang sih harus tega tapi alami saja. gak ngkutin cara-cara tetangga yang menyuruhku di sapih ke kiyai hehe gak deh :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar