Minggu, 06 Januari 2013

Melatih Konsentrasi Anak


Masa balita adalah masa keemasan . Masa ini merupakan waktu ideal untuk mempelajari keterampilan dasar, membentuk kebiasaan-kebiasaan, serta memperoleh konsep dasar yang berpengaruh pada masa kehidupan selanjutnya.
Sejak masih balita, azzam sudah di ajarkan dengan kebiasaan-kebiasaan positif seperti membaca bismillah saat mau makan, salam ketika pertemu dan hendak pergi, walau dia belum ngerti tetapi dengan mendengar dia pasti akan terbiasa dengan ucapan seperti itu dan nantinya pun akan mengikuti. seperti membaca buku walau hanya di lihat-lihat saja karena memang belum bisa membaca. Tapi Dengan kebiasaan melihat gambar, bentuk dan warna juga cerita yang di bacakan, dia jadi faham dengan isi buku yang aku bacakan tersebut.

Pernah suatu ketika azzam buka-buka buku yang judulnya “mandi sendiri”, usia azzam saat itu kurang dari 2 tahun, dia hafal dengan gambarnya, katanya “bebek, paus, mio” masih sekata-sekata ucapannya dan kalau mandi pun dia menirukan gambar yang ada di buku, seperti gayung di buat jadi paus dan di gerak-gerakin seperti ombak, ada bebeknya juga, ada monster kalau rambutnya diberi shampo sampe berbusa. Ya itu lah kecerdasan anak-anak, 90% di usia masa ke emasan tersebut. Jadi sejak dini aku mengajarkan azzam hobi dengan membaca, tidak hanya membaca tetapi dengan kegiatan yang dia suka seperti mengotak-atik elektronik itu juga dia pelajari hanya dengan melihat ayahnya yang sedang kerja merakit elektonik, jadi semua yang dia lihat, dia dengar, dia langsung bisa menirukan. Daya ingat anak-anak memang tinggi sekali, jadi bagus banget buat melatih konsentrasi anak sejak dini.

Seusia azzam saat ini 2 tahun 2 bulan adalah masa-masa menirukan dan masa-masa bermain. Mengajarkan konsentrasi dalam belajar memang belum bisa karena masih suka bermain, tetapi tidak ada salahnya juga kalau belajarnya fokus, ternyata dia bisa. Kalau sudah membaca buku, dia lihat gambar pada buku sampai lama sekali, mungkin dia menghayati, mengingat atau bagaimana aku juga kurang tau bahasa bayi saat membaca karena belum bisa membaca.
Sampai pernah aku dan azzam berebut nama hewan, dia gak mau kalah, ternyata sampai saat ini dia gak mau bilang kalau itu adalah gambar babi, dia maunya badak, mungkin karena gambarnya mirip.
 sebelah kiri babi dan sebelah kanan badak

Selain dengan membiasakan anak belajar dengan berkonsentrasi tapi juga di barengi dengan minum susu. karena ada banyak manfaat dari minum susu.
  • Tulang Sehat
Susu kaya akan kandungan kalsium, fosfor, magnesium, dan protein. Semua zat gizi ini berperan penting dalam pertumbuhan serta perkembangan tulang. Jika kita terbiasa minum susu sejak kecil akan melindungi tulang dari gangguan osteoporosis (keropos).
  • Gigi Sehat
Selain tulang, kalsium dan fosfor yang dikandungnya membuat gigi kuat dan sehat. Gigi bisa digunakan sepanjang hidup karena zat gizi ini bisa melindungi gigi dari asam mulut, bakteri, sisa makanan yang menempel, dan lainnya.
  • Mendukung Kecerdasan
Kandungan AA, DHA, sphingomyelin, dan lainnya pada susu bisa menjadi nutrisi bagi otak anak. Jika asupannya cukup maka akan mendukung pertumbuhan kecerdasan anak. Meski demikian anak tetap harus diberikan stimulasi dan asupan nutrisi yang beragam dari sumber makanan lain.
  • Lebih Aktif
Kandungan gizinya  yang lengkap dan ditambah rasa yang nikmat membuat banyak anak menyukai susu. Jika dikonsumsi secara rutin selain memenuhi kecukupan gizi anak, tubuhnya pun akan terasa lebih bugar dan sehat. Dengan kondisi tubuh yang prima, anak akan lebih aktif beraktivitas. Hal ini sangat penting mendukung pertumbuhan tubuhnya.
  • Sebagai Kudapan Sehat
Dengan aktivitas sangat tinggi biasanya anak mudah lapar dan haus. Nah, susu bisa menjadi kudapan sehat. Ketika haus dan lapar saat beraktivitas, anak akan lebih mudah minum susu dibandingkan makanan lain. Selain itu, susu bisa mengatasi kebutuhan cairan anak yang terkuras saat beraktivitas sehingga anak bisa terhindar dari dehidrasi. (sumber :http://www.tabloid-nakita.com/read/13/5-alasan-mengapa-anak-perlu-minum-susu)

Azzam minum susu bisa dibilang jarang karena masih ASI, belum bisa melepas ASI tapi tiap hari pasti minum susu walau hanya sekali dalam sehari. Dia suka sekali minum susu dengan wafer, bisa habis susu segelas, bebeda kalau minum susu tidak dengan wafer, entah kenapa. Mungkin karena manisnya. Susu yang manis di padu padankan dengan wafer yang manis, jadi dia suka sekali.

Aku baru tau juga kalau anak-anak tidak boleh berlebihan mengkonsumsi gula tambahan. Azzam padahal suka sekali makan gula, minum susu juga harus manis, coklat dan permen. Setelah googling info di internet bahwa asupan gula yang berlebih dapat memicu banyak gangguan kesehatan, seperti obesitas, diabetes, ataupun karies pada gigi. Pantas saja gigi azzam sudah keropos, karena dia suka sekali makan manis, suka coklat dan permen. Mungkin itu juga penyebab anak tidak konsentrasi dalam belajarnya.
Mulai sekarang azzam akan aku kurangi makan makanan yang terlalu manis, berhenti mungkin belum bisa ya, karena sudah terbiasa jadi mengurangi terlebih dahulu mungkin lebih baik dan juga di bantu dengan mengonsumsi susu yang tidak mengandung gula tambahan seperti ANMUM ESSENTIAL.
Karena Anmum Essential kombinasi nutrisi yang diformulasikan khusus tanpa gula tambahan untuk melengkapi nutrisi anak semasa pertumbuhan dan mengandung nutrisi-nutrisi penting, cocok kan untuk azzam yang lagi mencoba mengurangi makan gula.
ANMUM ESSENTIAL mengandung nutrisi-nutrisi penting seperti:
  • NutriVit : Vitamin A , Vitamin C  , Vitamin E dan Selenium, Zat Besi , Seng , Cuprum
  • Protein , Karbohidrat , & Lemak : memberikan energi untuk aktifitas sehari-hari. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh
  • Serat pangan ( Inulin & FOS ) untuk membantu saluran pencernaan
  • Kalsium membantu pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang
sumber : http://www.anmum.com/id/main.aspx?sid=1124&sva=1
Nutrisinya banyak banget, semoga azzam suka dan tambah cerdas, konsentrasinya jadi baik

 aku dan azzam lomba baca buku karya IIDN  (indari mastuti dkk : Curhat Bisnis)
Grup IIDN : https://www.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis/

12 komentar:

  1. apik mbak.... "jujur" banget artikelnya :)
    salam buat Azzam yang pinter yaa... *sun sayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha isone jujul tidak belbohong e mb.soale susah klo mengarang :D
      sun sayang buat ummine mana :p

      Hapus
  2. siiip keren...giliran aku kapan ya? hihihi...belum garap juga...btw, baru tahu wajah mba Lita, manis juga, gula kali... xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. malu mb klo pasang poto sebenernya,tapi apalah daya klo itu syaratnya. tapi tetep gak bisa pasang wajah keseluruhan,hanya nongol sedikit xixi mb nunung juga manis kok :D
      ayoo mb nyusul, tak tunggu tulisane, biar tak mampir juga :D

      Hapus
  3. Titah Elok Madita7 Januari 2013 16.15

    Mbak Lita, salam kenal.

    Bagus, Mbak..sukses selalu yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mb titah
      terimakasih sudah di puji, di kritik juga donk :D
      aamiin semoga sukses juga buat mb titah ya

      Hapus
  4. Azzam pinter, udah bisa baca Curhat Bisnis hihihi...
    Silahkan mampir jika berkenan di blog ku mbak, kita bisa saling follow http://braveandbehave.blogspot.com/2013/01/manis-namun-berbahaya.html?showComment=1357607066113#c5539815947793277124

    BalasHapus
    Balasan
    1. azzam tuh suka dengan logonya IIDN mb, dia bisa lama banget liat itu gambar, entah kenapa. mungkin unik xixi
      liat gambar covernya juga seneng, katanya kopi-kopi,adek bayi,mb-mb gitu hehe
      ok siap meluncur ke TKP

      Hapus
  5. Keren isinya... Azzamnya lucu. Salam deh buat badaknya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixi iya ntar di sampein sama badaknya :D
      dia seneng banget liat gambar badak mb

      Hapus
  6. susu memang banyak manfaat nya ya
    mesti sering2 minum

    BalasHapus
  7. Saya lebih memilih untuk menggunakan beberapa fitur dari blog anda yang dipasang pada di blog saya apakah Anda tidak keberatan. Tentu saja aku akan memberikan link di blog web Anda. Terima kasih telah berbagi.
    cara mengobati infeksi lambung
    cara mengobati maag
    cara menyembuhkan pembengkakan ginjal

    BalasHapus